Type something and hit enter

Download aplikasi Agen Pulsa
On
advertise here
Keistimewaan Dan Keutamaan Puasa Bulan RajabKeistimewaan Bulan Rajab
Halo sobat CDMchannel, berkenaan dengan bulan rajab merupakan bulan ke-7 dalam hitungan kalender hijriah. Bulan Rajab merupakan salah satu bulan dari empat bulan yang di kenal dengan haram (suci) atau bulan yang dimuliakan. Karena itu setiap datang salah satu bulan ini maka umat islam selalu menyambutnya dengan melakukan amalan-amalan termasuk melakukan puasa sunnah rajab.

Didalam tradisi islam terdapat 4 bulan yang di haramkan, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Jika diantara sobat yang ada yang bertanya "Mengapa bulan rajab termasuk bulan haram?" jawabannya karena: Di dalam bulan tersebut di haramkan terjadi pembunuhan, dan peperangan. seperti dijelaskan dalam salahsatu firman Allah SWT dalam Al-Quran QS. At-Taubah ayat 36, yang artinya:

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang brtakwa"

Di dalam bulan rajab juga merupakan bulan dimana terjadi peristiwa Isra' dan Mi'raj, dimana Rasululloh di perjalankan oleh Alloh SWT dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha.

Keutamaan Bulan Rajab
Ada beberapa hadis yang menerangkan keutamaan bulan rajab, diantaranya:

Diriwayatkan bahwa jika Rasullulah SAW memasuki bulan Rajab, maka beliau berdoa, "Ya Allah, berkahilah kami dalam bulan rajab (ini) dan (juga) bulan Sya'ban. dan sampaikanlah diri kami kepada bulan Ramadhan". (HR. Imam Ahmad, dan Anas Bin Malik).

"Barang siapa berpuasa dalam bulan rajab sehari, maka bagai ia berpuasa selama satu bulan. Jika berpuasa selama tujuh hari maka akan ditutuplah untuknya tujuh pintu neraka, dan bila puasa delapan hari maka akan dibukakan untuknya delapan pintu surga, dan bila puasa sepuluh hari maka akan digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan-kebaikannya."

Dalam riwayat Al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid: "Barang siapa yang berpuasa satu hari dalam bulan rajab, maka ia bagaikan berpuasa satu tahun, bila ia berpuasa tujuh hari maka akan ditutuplah untuknya pintu-pintu dari neraka jahanam. Bila berpuasa delapan hari, maka akan dibukakan untuknya delapan pintu surga, bila puasa sepuluh hari maka Allah akan mengabulkan setiap apa yang diinginkannya."

"Sesungguhnya didalam surga itu ada sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa yang berpuasa sehari dalam bulan rajab, maka ia akan memperoleh minuman dari susu tersebut."

Sabda Rasulullah SAW: "Pada malam mi'raj, aku melihat sungai yang air itu lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu, dan juga lebih harum dari minyak wangi. Kemudian aku bertanya kepada malaikat Jibril a.s "Wahai Jibril untuk siapa sungai ini?" maka Jibril a.s menjawab "Wahai Muhammad, sungai ini adalah untuk mereka yang membaca shalawat untuk diri engkau di bulan rajab ini."

Kesimpulan dari Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Rajab adalah bulan yang dimana ketika kita memasukinya harus lebih meningkatkan amalan ibadah, termasuk melaksanakan puasa sunah. Demikian artikel ini semoga menjadi motifasi untuk kita semua agar lebih giat lagi dalam beribadah.

Artikel serupa

Click to comment