Type something and hit enter

Download aplikasi Agen Pulsa
On
advertise here
Internet, apa yang sobat semua pikirkan begitu mendengar kata satu ini. Tentu yang terlintas adalah berbagai informasi dan jendela pengetahuan  yang bisa kalian dapatkan dari berbagai penjuru dunia hanya dengan sentuhan jari dan mouse. Dari mulai video, lagu, konten, sosial media hingga forum dan ajang gaul yang saling menawarkan pertemanan yang akan membuat wawasan dan pergaulannya sobat semua menjadi luas.


Nah untuk menunjang kegiatan internet ini diperlukan suatu koneksi yang menunjang dalam kelancaran dalam berselancar (suatu istilah yang merujuk pada kegiatan menjelajahi internet), koneksi ini bisa didapatkan dengan beberapa cara namun yang paling sering dan paling banyak digunakan adalah koneksi internet dengan modem yang menggunakan kuota paket internet dari operator telepon sebagai medianya.

Kuota internet ini ada berbagai macam dari mulai yang memiliki jaringan cdma seperti hanya  paket internet smartfren hingga kuota paketan internet dengan jaringan GSM seperti halnya yang dimiliki oleh Telkomsel, XL, Three, Im3 dan lainnya. Semua paket memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kekurangan dan kelebihan paket internet CDMA

Kekurangan paket internet smartfren misalnya jaringannya sangat terbatas, tidak bisa menyentuh ke berbagai pelosok daerah di Indonesia karena Smartfren masih menggunakan jaringan CDMA dan yang terbaru EVDO. Sementara kelebihan paket internet smartfren adalah harga pilihan paket internetnya yang jauh lebih murah di banding paket internet GSM.


Kekurangan da kelebihan paket internet GSM

Sementara kekurangan paket internet GSM adalah harga yang masih terbilang tinggi, minimnya paket internet unlimited (sebuah paket yang paling dicari oleh penyuka internet karena menawarkan koneksi tanpa putus dengan kecepatan dan batas waktu tertentu), kekurangan koneksi internet GSM yang lainnya adalah pilihan tarif yang rumit dan terkadang menjebak dan tersembunyi sehingga menyulitkan pembelinya.

Kelebihan paket internet GSM adalah jangkauannya yang sangat luas, menembus ke berbagai pelosok daerah. Dari pengalaman admin setidaknya ada dua operator GSM yang memiliki jangkauan 3G hingga ke desa, kecepatannya bisa menembus minimal 200kbps, sebuah kecepatan yang sangat lumayan untuk sebuah koneksi di desa.


Beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan internet

Selain di pengaruhi pilihan operator kecepatan sebuah jaringan internet yang sobat miliki dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ;

1. Dukungan jaringan
Seperti sudah di jelaskan di atas, ketersediaan jaringan di tempat sobat semua akan berpengaruh terhadap kecepatan yang di dapat. Jika ditempat sobat banyak terdapat sinyal GSM maka pilihlah operator GSM yang paling kuat sinyalnya, sebaliknya jika di tempat sobat paling bagus sinyal CDMA maka pilihlah kartu CDMA.

2. Dukungan alat
Dukungan alat yang menunjang koneksi dalam hal ini seperti modem, juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi yang sobat dapatkan. Tentu tidak bisa menangkap jaringan HSDPA hanya dengan modem yang support 2G atau 3G, untuk itu sebelum membeli pastikan modem yang dipilih adalah modem yang support jaringan terkini serta stabil dalam pemakaian dan tahan panas.

3. Cuaca
Cuaca yang tidak bersahabat adalah salah satu musuh utama yang mengganggu koneksi terutama di beberapa daerah yang memiliki jaringan internet kurang bagus. Untuk menanggulangi hal tersebut maka tidak ada cara lain selain menunggu amukan cuaca reda, berpindah posisi atau jika memang perlu bisa menggunakan koneksi internet kabel seperti halnya speedy. Koneksi dengan kabel ini lebih stabil namun tidak portable seperti halnya modem yang bisa konek dimana saja.

Itulah beberapa kiat dan tips memilih paket internet yang tepat. Semoga membantu sobat semua dalam menentukan koneksi internet yang pas.

[Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar]

Click to comment